Selasa, 27 Februari 2018

7 Tips Tepat Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Jika Anda menginginkan jantung sehat dan kuat maka Anda harus untuk mengetahui berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Berikut tips tepat cara menjaga kesehatan jantung untuk menghindari resiko terkena penyakit jantung.

cara menjaga kesehatan jantung

Banyak sekali upaya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung serta menurunkan resiko terjangkit penyakit jantung, salah satunya adalah menjaga asupan makanan.

Makanan memang menjadi peran penting dalam kesehatan kita, makanan dapat memberikan banyak sekali manfaat tetapi juga dapat membahayakan kesehatan jika Anda salah dalam memilih makanan. Oleh karena itu Anda perlu menjadi lebih bijaksana dalam memilah jenis makanan apa Anda harus konsumsi setiap harinya.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang amat sangat berbahaya, bahkan penyakit jantung masih menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Kehidupan manusia serta masyarakat yang saat ini menjadi semakin modern menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung, karena penyakit jantung itu berhubungan erat dengan gaya hidup manusia.

Faktor penyebab penyakit jantung

Berbagai macam faktor yang dapat menjadi menyebabkan penyakit jantung antara lain adalah kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi), kelebihan berat badan (obesitas), kurang berolahraga atau aktifitas fisik, kencing manis (diabetes melitus), dan kehadiran genetik faktor.

Selain itu penyakit jantung juga dapat disebabkan karena kebiasaan buruk merokok, mengkonsumsi alkohol, dan faktor-faktor stres.

Berbagai jenis makanan untuk menjaga kesehatan jantung

Semakin kita akan semakin meningkatkan risiko penyakit jantung, karena hati adalah salah satu jenis penyakit degeneratif. Degenaratif penyakit adalah penyakit yang disebabkan karena penurunan fungsi tubuh secara sistemik. Jadi orang tua renta (tua) lebih terpapar risiko penyakit jantung.

Tetapi saat ini, banyak muda orang yang menderita penyakit jantung karena perubahan dalam gaya hidup, termasuk dalam hal konsumsi makanan sehari-hari. Jika Anda ingin hati Anda selalu sehat, kemudian konsumsilah berbagai jenis makanan sehat untuk jantung:

Biji-bijian tinggi serat

Dalam konsumsi makanan pokok yang bersumber karbohidrat, Anda harus memilih makanan yang bersumber dari biji-bijian utuh yang kaya akan serat sangat baik untuk kesehatan  jantung. Makanan ini antara lain, yaitu beras, gandum serta jagung. Makanan yang terdiri dari karobohidrat kompleks yang tidak akan lagi diserap oleh tubuh sehingga cocok sebagai diet untuk menurunkan berat badan.

Dengan berat badan ideal tentu dapat menurunkan risiko perkembangan penyakit jantung. Benih juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain, yaitu protein, B vitamin, besi, seng, magnesium, dan antioksidan.

Kacang

Kacang adalah makanan sehat bagi jantung karena mengandung sayur asam lemak, serat, dan antioksidan. Jenis kacang-kacangan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain kacang hijau, kacang almond, kacang, kenari, kacang, kacang panjang, hazelnut dan kacang mete.

Asam lemak yang terkandung dalam kacang adalah baik asam lemak yang bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah. Selain kacang juga mengandung vitamin E yang dapat bermanfaat untuk melarutkan kolesterol jahat.

Bawang putih

Bumbu dapur ini rupanya adalah juga salah satu jenis makanan sehatbagi jantung. Konsumsi bawang putih dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan dapat menurunkan kolesterol. Selain itu bawang putih dapat juga digunakan sebagai pengganti bumbu garam.

Seperti yang kita tahu kelebihan konsumsi garam dapat meningkatkan tekanandarah dan berat sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bawang putih dapat dicampurkan ke dalam makanan atau akan lebih baik jika dimakan mentah dan konsumsi secara teratur.

Teh hijau

Makanan sehat bagi jantung yang berikutnya yang adalah teh hijau. Mungkin Anda lebih mengenal dengan teh hijau sebagai pelangsing tubuh. Ternyata bahwa berdasarkan hasil penelitian, reguler konsumsi teh hijau juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Tetapi ingat, jangan berlebihan konsumsi, hanya saja 2 cangkir per hari. Karena berlebihan konsumsi teh dalam waktu yang lama sehingga dapat meningkatkan risiko mengembangkan batu ginjal.

Minyak ikan

Berbagai jenis ikan seperti tuna, salmon, sarden, mackerel, trout dan mackerel, mengandung minyak yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Minyak ikan mengandung nutrisi penting untuk sehat pembuluh darah, EPA, DHA dan omega 3 asam lemak.

Minyak ikan penurun kolesterol makanan, yaitu dengan cara meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) dan menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein). Konsumsi ikan juga dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah.

Anggur

Anggur adalah makanan sehat bagi jantung karena mengandung serat dan zat quercetin dan catechin. Berdasarkan penelitian, zat quercetin dapat bertindak untuk melindungi pembuluh darah dari menyumbat.

Sedangkan catechin zat dapat melayani untuk menurunkan kolesterol dan mencegah darah pembekuan. Selain itu, anggur juga kaya antioksidan yang dapat bertindak untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Apel

Mengkonsumsi apel secara teratur ternyata juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Apple adalah makanan sehat bagi jantung karena mengandung zat beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol dan memiliki kandungan antioksidan.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon