Kamis, 27 September 2018

Raih 9 Manfaat Buah Jeruk Dengan Rutin Mengonsumsinya

Buah jeruk merupakan buah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Manfaat buah jeruk sangat banyak, buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin C ini banyak memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Buah jeruk sangat mudah sekali untuk dijumpai karena pohon buah jeruk bisa tumbuh dengan mudah sehingga banyak orang yang menanam dan membudidayakannya.

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan

Selain kaya akan kandungan Vitaminnya buah jeruk juga mengandung protein, mineral serta serat yang tinggi dan anti oksidan. Untuk itu buah jeruk bisa digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan agar tidak mudah terkena penyakit.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Buah jeruk yang kaya akan serat sangat baik untuk saluran pencernaan tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada buah jeruk akan membantu mengeluarkan sisa kotoran dalam organ pencernaan Anda sehingga mampu mencegah iritasi sindrom yang terjadi pada usus besar. Buah jeruk juga dapat memicu produksi cairan pada pencernaan sekaligus memperbaiki pencernaan Anda.

2. Mencegah Datangnya Kanker

Angka kematian yang disebabkan oleh kangker cukup tinggi, tentunya menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, untuk alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan pencegahan sejak dini dengan cara rutin mengonsumsi buah jeruk karena buah jeruk ini memiliki kandungan senyawa anti kangker seperti asam galat, astragalin, fisetin, isoquercitrin, quercetin dan enzim lainnya.

Dalam sebuah penelitian senyawa tersebut mampu melindungi tubuh terhadap serangan kanker pada bagian tubuh seperti payudara, usus besar dan prostat. Jeruk juga mengandung senyawa yang disebut limonene yang mampu menghambat sel kanker.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah jeruk selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan demikian memiliki kekebalan tubuh yang kuat maka tubuh akan mampu menolak beberapa jenis infeksi dan penyakit yang akan menyerang tubuh. Selain itu kandungan zat polifenol yang dimiliki buah jeruk memiliki manfaat sebagai antivirus yang mampu membunuh virus yang menyerang tubuh sebelum menyebarkan infeksi ke dalam tubuh.

4. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Kandungan magnesium yang dimiliki oleh buah jeruk di percaya mampu membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Selain itu buah jeruk juga memiliki zat flavonoid yang memiliki manfaat serupa yaitu membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

5. Memurnikan Darah

Jeruk memiliki manfaat sebagai pembersih darah alami. KAndungan Flavonoid yang ada di dalamn buah jeruk mampu meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh serta membantu hati mengeluarkan racun. Kandungan Vitamin C di dalam buah jeruk mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat membuat kulit lebih elastis serta mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan di dalam buah jeruk dapat membuat perut tetap bergerak yang akan menghilangkan limbah serta zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Kolesterol adalah salah satu faktor pemicu yang sering terjadi sebagai penyebab penyakit Jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah jeruk dapat melawan radikal bebas sekaligus mampu membantu mencegah kolesterol yang jahat. Kolesterol akan menempel dan menjadi plak pada bagian dalam arteri sehingga akan menghambat kerja supply darah ke jantung. Yang mana hal tersebut bisa kapan saja memicu serangan jantung secara tiba-tiba.

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

Buah jeruk mengandung senyawa kalsium serta vitamin D yang tinggi. Kedua senyawa tersebut serta nutrisi sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dengan memperkuat struktur tulang sehingga akan tidak mudah mengalami keretakan, osteoporosis bahkan patah tulang. Selain itu kandungan asam askorbat yang dimiliki oleh buah jeruk akan membantu proses penyerapan kandungan kalsium dengan lebih baik.

8. Melindungi Kulit

Kandungan vitamin C sebagai antioksidan yang sangat berlimpah yang terdapat pada buah jeruk juga  bermanfaat untuk kesehatan kulit kita. Hal itu dapat mencegah sekaligus mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit.

9. Mencegah Penyakit Ginjal

Sebuah studi menemukan fakta bahwa jika manusia rutin mengonsumsi jus jeruk, akan dapat membantu mencegah batu ginjal pada tubuh. Itu dikarenakan buah jeruk mampu mengurangi kelebihan sitrat didalam urine dan juga mampu mengurangi tingkat keasamannya. Dan juga ternyata buah jeruk dapat mengurangi kadar gula berlebih dalam tubuh dengan baik.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon