Rabu, 26 September 2018

Manfaat Daun Sirih Yang Sangat Luar Biasa Untuk Kesehatan

Alam tentunya diciptakan dengan banyak banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satunya adalah tumbuhnya berbagai jenis tanaman yang dapat Anda gunakan sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk mengatasi segala jenis penyakit pada tubuh. Salah satunya adalah tanaman herbal yang banyak memiliki khasiat adalah daun sirih sendiri.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan


Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh dan tentunya sangat mudah juga ditemukan disekitar Anda. Daun sihir memiliki nama latin piper bater serta kandungan pati, minyak atsiri, seskuiterpen, kavikol, zat samak, gula, dan betlephenol atau sering juga di sebut minyak terbang.

Kandungan baik yang terdapat di dalam daun sirih tentunya dapat menjadi salah satu tanaman herbal untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Dan berikut ini berbagai macam manfaat daun sirih untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Batuk
Khasiat yang pertama dari daun sirih adalah dapat digunakan untuk mengobati batuk. Daun sirih dapat di manfaatkan sebagai obat batuk dengan cara merebus 5 lembar daun sirih segar menggunakan 300 ml air. Konsumsi air rebusan daun sirih ini dua kali sehari sehingga batuk yang Anda derita dapat sembuh.

2. Mengobati Penyakit Bronchitis
Manfaat daun sirih yang kedua bisa Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit bronchitis. Untuk membuat daun sirih menjadi minuman herbal, Rebuslah 6 sampai 10 lembar daun sirih dengan 300 ml air. Rebus hingga air rebusan tinggal separuhnya lalu minumlah secara teratur 3 kali sehari.

3. Menyembuhkan Penyakit Asma
Bagi Anda penderita asma, daun sirih dapat dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit asma. Anda cukup merebus 4 hingga 5 lembar daun sirih ke dalam 2 gelas air, untuk membuat minuman herbal dari daun sirih. Rebus sampai air rebusan tersisa satu gelas saja. Minumlah minuman herbal ini secara rutin 2 sampai 3 gelas dalam sehari.

4. Mengobati Radang Tenggorokan
Rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan memang sangatlah tidak nyaman terutama saat menelan makanan. Dengan daun sirih Anda dapat membuat minuman herbal untuk mengobatinya, cukup rebus 4 sampai 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Rebus hingga menyisakan 1 gelas saja. minumlah minuman herbal ini secara rutin 2 kali sehari hingga sembuh.

5. Mengobati Demam Berdarah
Daun sirih dapat Anda digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah dengan menjadikan daun sirih sebagai minuman herbal. Rebus lah 5 sampai 6 lembar daun sirih menggunakan 2 gelas air. Rebus hingga air rebusan tersisa separuhnya. Minumlah minuman herbal ini secara rutin 2 kali sehari.

6. Membantu Melancarkan Haid
Jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur anda bisa memanfaatkan daun sirih, daun sirih terbuki mampu membantu melancarkan haid, anda hanya perlu merebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, dan 15 gram umbi dewa ke dalam 2 gelas air. Rebus hingga air rebusan tersisa satu gelas saja. Minumlah minuman herbal ini secara rutin 2 kali sehari hingga memberikan manfaat.

7. Mengobati Penyakit Jantung
Daun sirih ternyata juga memiliki Manfaat tak terduga lainnya yaitu dapat mengobati penyakit jantung. Untuk membuat obat herbal ini dapat dilakukan dengan cara menumbuk 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 7 pasang biji kemukus, 1 sendok makan jinten putih, lalu siram dengan air panas. Biarkan beberapa saat hingga dingin lalu saring. Minumlah air hasil saringan campuran tersebut sebanyak 2 kali sehari.

8. Mengobati Iritasi Pada Mata
Mata biasanya akan mudah terasa sakit dan juga terjadi iritasi saat terlalu banyak berada di luar ruangan. Daun sirih bisa Anda manfaatkan untuk membuat mata anda kembali terasa enak, dan juga menghilangkan iritasi. Anda cukup merebus 2 lembar daun sirih ke dalam 1 gelas air. Rebus lalu dinginkan, Anda bisa meneteskan air rebusan tersebut pada mata anda.

Sangat banyak sekali manfaat dari daun sirih ini yang bisa Anda dapatkan untuk bisa menjaga kesehatan tubuh Anda. Anda bisa menebati berbagai macam penyakit menggunakan daun sirih ini.


EmoticonEmoticon