Senin, 05 Maret 2018

5 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi Dalam Kandungan

Masa kehamilan merupakan masa-masa yang sangat berharga bagi seorang wanita. Dalam masa kehamilan biasanya seorang calon ibu pasti pernah merasakan yang namanya ngidam. Terkadang banyak juga wanita yang ketika sedang hamil nafsu makannya malah menurun dan munculah kekhawatirkan terganggunya tumbuh kembang janin.

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan sangat penting bagi ibu hamil, tak hanya baik untuk ibu sendiri tetapi juga untuk calon bayi yang akan lahir. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang salah satunya adalah alpukat. Manfaat alpukat untuk ibu hamil sangat banyak sekali. Mari kita simak apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Berbagai manfaat alpukat untuk ibu hamil

Alpukat memiliki kandungan asam folat yang baik untuk bayi dalam kandungan terutama perkembangan otaknya. Mungkin untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda biasanya mengkonsumsi susu formula, padahal kandungan asam folat pada buah alpukat jauh lebih baik dari pada susu formula.

Dalam 1 buah alpukat  memiliki kandungan 114 gr atau 30 kebutuhan asam folat harian. Dengan demikian, maka perkembanga otak anak anda akan lebih baik. Asam folat selain untuk perkembanga otak juga untuk perkembangan tulang belakang serta dapat mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat.

Dan berikut daftar 25 manfaat alpukat untuk ibu hamil dan calon bayi

1.  Mencegah Bayi Lahir Cacat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Sangat penting bagi seorang ibu untuk selalu memperhatikan tumbuh kembang janin dengan rajin mengonsumsi sejumlah makanan bergizi tinggi seperti alpukat. Kandungan omega 3 dan asam folat pada buah alpukat sangat baik untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.


2.  Asupan Kalsium

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang tinggi itu sangat diperlukan untuk ibu hamil. Hal ini dapat membantu pertumbuhan tulang pada bayi dan bisa memperkokoh tulang-tulangnya sejak dari dalam kandungan. Akan lebih baik lagi jika diimbangi dengan sering meminum susu setiap hari terutama susu khusus ibu hamil.

3.  Mencegah Deformitas Pada Bayi

Manfaat alpukat selanjutnya adalah mencegah deformitas pada calon bayi yang akan lahir. Hal ini, dikarenakan asam folat yang terdapat pada buah alpukat membantu pembentukan organ tubuh bayi dalam kandungan.

4.  Cocok Dijadikan Snack Bumil

Wanita saat sedang mengandung itu selalu merasakan lapar dan ingin makan setiap jam. itu merupakan hal yang wajar, karena asupan makanan yang dimakan harus terbagi menjadi dua, satu untuk sang calon ibu dan satu lagi untuk bayi yang berada di dalam kandungan. Jadi tak heran jika ibu hamil selalu mudah sekali lapar. Sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanan yang baik dan bergizi salah satunya merupakan alpukat.


5.  Membantu Pertumbuhan Otak Bayi

Bayi yang berada di dalam kandungan hanya akan memakan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya sehari-hari. Jika apa yang dimakan sang ibu terkandung banyak gizi, maka pertumbuhan sang bayi dalam kandungan pun akan baik. Kandungan dalam buah alpukat memiliki sejumlah vitamin dan mineral diantaranya asam folat yang baik untuk membantu pertumbuhan otak bayi. Otak merupakan rgan tubuh vital dan merupakan pusat saraf-saraf karena itu sangat baik untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam folat.


EmoticonEmoticon