Minggu, 04 Maret 2018

Manfaat Daun Pepaya Bagi Wanita Ini Harus Kamu Ketahui

Daun pepaya memiliki karakteristik rasa pahit serta memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang sangat banyak sekali. Banyak produk jamu juga yang dibuat dari bahan dasar daun pepaya yang banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

manfaat daun pepaya bagi wanita

Contoh dari penggunaan daun pepaya untuk mengatasi masalah kesehatan adalah untuk menghilangkan jerawat di wajah,  mengurangi nyeri haid  dan sebagainya.

Selain daunya, buahnya juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh serta dapat menghaluskan kulit dan biji dari buah pepaya juga berguna sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut.

Bagi Anda yang ingin sekali mengkonsumsi daun pepaya tetapi tidak suka dengan rasa pahitnya, berikut ini tips mudah untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Sebelum direbus, baluri daun pepaya dengan air garam dapur hingga layu lalu hilangkan airnya.
Rebus daun pepaya dengan daun jambu dengan perbandingan 3:10 dimana 3 daun pepaya direbus bersama 10 buah daun jambu.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh

Senyawa rasa pahit pada daun pepaya memiliki manfaat untuk mengurangi demam, menurunkan tekanan darah tinggi serta membunuh mikroba yang menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu manfaat daun pepaya yang lainya adalah sebagai berikut:

Obat penambah nafsu makan

Daun pepaya bermanfaat sebagai penambah nafsu makan, caranya campur parutan daun pepaya segar dan garam lalu tambahkan air hangat secukupnya. Campurkan sampai halus kemudian pisahkan air dari campuran tersebut lalu minumlah air dari hasil saringan campuran tersebut. Metode ini juga dapat digunakan pada anak-anak yang sulit untuk makan.

Minumlah herbal ini untuk penambah nafsu makan 2-3 hari, jangan terlalu sering. Untuk anak-anak, cukup berikan 1/4 cangkir.

Melancarkan pencernaan

Dengan mengkonsumsi rebusan daun ini atau diolah menjadi sayur tumis maka Anda akan mendapatkan manfaat dari menghindari masalah gangguan pencernaan makanan.

Manfaat dari daun pepaya untuk wanita

Bagi wanita terutama yang sedang menstruasi dan ingin mengurangi rasa sakit dengan mudah dan aman, cobalah dengan obat herbal tradisional daun pepaya. Rebuslah 1 lembar daun pepaya segar, asam dan garam hingga mendidih. Meminum air sail rebusan tersebut dipercaya dapat mengurangi nyeri haid.

Wanita hamil jangan mengkonsumsi terlalu banyak daun pepaya karena memiliki resiko buruk pada janin dalam kandungan.

Menghilangkan jerawat di wajah

Manfaat daun pepaya juga bisa untuk menghilangkan jerawat caranya tumbuk 2 buah daun pepaya yang sudah tua dan kering, campuran sedikit air hangat kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan hingga 20-30 menit dan kemudian mencuci muka dengan air bersih.

Mencegah kanker

Mengkonsumsi daun pepaya secara teratur terbukti berkhasiat melawan kanker. Isi dari sap putih di dalam daun pepaya merupakan zat anti kanker.

Mengempukan Daging

Manfaat lain dari daun ini adalah untuk membuat daging lebih epuk. Caranya bungkus daging mentah dengan daun ppaya peras lalu kemudian diamkan beberapa saat sebelum dimasak.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Keampuhan daun pepaya yang terakhir adalah untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebuslah lima daun pepaya dengan setengah liter air kemudian ambil air direbus kemudian tambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Minumlah hangat-hangat.


EmoticonEmoticon