Sabtu, 03 Maret 2018

9 Manfaat Daun Kemangi Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat daun kemangi untuk kesehatan, akan tetapi hanya sedikit saja orang yang menyukai daun dengan wangi khas yang satu ini. Daun kemangi biasanya dipergunakan untuk memasak pepes ayam atau ikan, supaya aroma amisnya dari pepes ayam atau iklan hilang. Selain itu, daun kemangi dapat  pula disantap langsung sebagai lalapan. Daun kemangi yang memiliki wangi yang khas dan rasa yang agak pedas, membuat makan menjadi lebih lahap.

manfaat daun kemangi

Daun kemangi  dengan nama latin Ocimum basilicum memiliki kandungan gizi yang melimpah di dalamnya. Misalnya saja betakaroten, yang berfungsi baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Terdapat pula vitamin C yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Belum lagi adanya fosfor yang baik juga untuk kesehatan tulang kita.Berikut ini 9 manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daun kemangi

1.Mampu Mencegah Stroke

Mengonsumsi daun kemangi dapat membuat peredaran darah kita menjadi lebih lancar, khasiatnya sama dengan kacang-kacangan yang bermanfaat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang merupakan penyebab stroke.

2. Bantu Menjaga Kesehatan Mata dan Juga Mulut

Karena daun kemangi mengandung banyak vitamin A (Betakaroten) maka daun kemangi ini tentunya sangat berkhasiat untuk mengatasi mata yang mudah sekali lelah, melindungi mata dari stress dan juga bisa mengharumkan bau mulut karena wanginya yang unik dan segar.

3. Meningkatkan Produksi ASI

Untuk para ibu yang baru melahirkan dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi daun kemangi, karena kandungan dalam daun katuk juga dimiliki juga oleh daun kemangi. Mengonsumsi daun kemangi secara teratur dapat membantu mempercapt produksi ASI. Daun kemangi juga terdapat eugenol yang bermanfaat untuk membasmi jamur penyebab keputihan.

4.Menunda Menopouse

Wanita dengan usia 40 tahun ke atas harus berhati-hati, sebab pada usia tersebut wanita rawan menopouse jika sering mengonsumsi daun kemangi dengan rutin dipercaya mampu  menunda masa tersebut. Kangdungan zat triptofan yang terdapat dalam daun kemangi dapat membantu Anda untuk menunda masa tersebut tanpa adanya mengkhawatirkan efek samping apapun.

5. Menyembuhkan Demam dan Masuk Angin

Bagi Anda yang sering bepergian dengan kendaraan bermotor, daun kemangi ini sangatlah bermanfaat. Sebab daun kemangi bermanfaat untuk menjaga sistem imum supaya tubuh anda menjadi lebih kuat.

Selain itu daun kemangi bermanfaat juga untuk balur demam yang sangat ampuh, caranya adalah dengan meremas daun kemangi dan campurkan dengan parutan bawang merah dan minyak kelapa secukupnya, lalu dibalurkan ke pertu dan dada supaya demam lekas turun.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Daun kemangi memiliki kandungan magnesium yang mampu embantu peredaran darah jadi lebih lancar, magnesium dapat mengontrol dan membuat kerja jantung stabil dan lebih rileks.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan betakaroten pada daun kemangi memiliki khasiat untuk menjaga jantung Anda tetap bekerja secara maksimal.

8. Mampu Mencegah Jerawat

Kandungan anti bakteri yang dimiliki oleh daun kemangi mampu mencegah pertumbuhan jerawat. Anda dapat menggunakan segenggam daun kemangi yang sudah dicuci bersih dengan air, lalu lumatkan sampai benar-bear halus dan gunakan lumatan tersebut sebagai masker. Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.

9. Mencegah rambut yang rontok

Manfaat daun kemangi yang terakhir adalah untuk mencegah rambut yang rontok. Caranya lumatkan daun kemangi lalu campur dengan minyak kelapa secukupnya dan usapkan pada rambut. Lakukan hal tersebut secara rutin, minimal dua kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.


EmoticonEmoticon