Jumat, 02 Maret 2018

13 Manfaat Teh Hitam Menakjubkan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat teh hitam sangat banyak, tidak kalah dengan teh hijau walaupun teh hitam memang belum sepopuler teh hijau.

manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh

Teh hitam mempunyai kandungan kafein lebih lebih rendah dibandingkan dengan kopi sehingga konsumsi yang sering pun tidak masalah. Teh hitam mengandung antioksidan serta phytonutrient yang baik untuk tubuh berguna membersihkan racun di tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat teh hitam jika rutin di minum

1. Mengurangi risiko kanker ovarium

Minum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker ovarium. Teh hitam mengandung teaflavin sehigga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium pada tubuh.

2. Mencegah kanker payudara

Manfaat teh hitam bermanfaat sebagai pencegah pertumbuhan kanker pada payudara, terutama pada wanita yang sudah memasuki fase menopause. Teh hitam juga ternyata mampu meningkatkan kadar globulin pada hormon saat mengalami menstruasi. Kandungan theaflavins pada teh hitam juga dapat menghancurkan sel abnormal pada tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat teh hitam yang pertama dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, itu dikarenakan teh hitam mempunyai kandungan flavon yang baik untuk  kesehatan jantung. Para ilmuwan telah berpendapat bahwa meminum 3 cangkir teh hitam atau lebih dalam sehari dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pembuluh darah arteri koroner pada jantung.

4. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Teh hitam yang kaya akan polifenol yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf di otak. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam teh hitam berhubungan erat dalam mencegah penyakit Parkinson.

5. Mengurangi risiko diabetes

Teh hitam mempunyai kandungan catechin dan teaflavin yang berguna sekali untuk meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengolah glukosa sehingga meminum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Pengamatan para ilmuan terhadap teh hitam ternyata mengandung pengganti kalsium. sehingga orang yang minum teh hitam secara signifikan dapat mengembalikan kepadatan tulang dan juga jika rutin minum teh hitam dapat mengurangi risiko patah tulang pada orang tua.

7. Menurunkan kolesterol

Pada sebuah studi menunjukkan bahwa rutin meminum teh hitam ternyata dapat membantu mengurangi kolesterol jahat/LDL sebesar 11,1% pada tubuh. Sehingga teh hitam memiliki efek untuk meningkatan penyerapan kolesterol baik oleh tubuh.

8. Menurunkan risiko batu ginjal

Manfaat teh hitam dapat membantu mengurangi risiko dari pembentukan batu ginjal sebesar 8%. Oleh karena itu, Anda hrus rutin minum teh hitam setiap hari untuk mencegah batu ginjal.

9. Meringankan penyakit asma

Para peneliti telah menyimulkan bahwa kadungan flavonoid dalam teh hitam memiliki efek yang menguntungkan pada penderita pendrita penyakit asma.

10. Menghilangkan radikal bebas dari tubuh

Teh hitam mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan molekul beracun. Campuran teh hitam dengan lemon mrupakan pilihan yang baik untuk menyingkirkan radikal bebas dari tubuh.

11. Membersihkan bakteri dari tubuh

Para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa zat antioksidan dan nutrisi lain yang tekandung dalam teh hitam memiliki sifat anti-mikroba. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang baik untuk menjaga tubuh terhindar dari beragam bakteri.

12. Mengurangi stres

Menurut sebuah penelitian, manfaat teh hitam dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh dan berfungsi juga merilekskan sistem saraf tubuh.

13. Menjaga kesehatan mulut

Konsumsi teh hitam dapat membantu mencegah pertumbuhan plak, gigi berlubang dan membantu menjaga napas anda lebih segar dan juga teh hitam memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah infeksi pada mulut.



EmoticonEmoticon