Selasa, 25 September 2018

Manfaat Buah Blueberry Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Blueberry tergolong ke dalam jenis buah berry yang berasal dari Amerika. Buah ini banyak di budidayakan di daerah asalnya sendiri karena telah dibuktikan mempunyai kandungan dan manfaat blueberry yang terdapat di dalamnya. Dan banyak juga daerah lain yang untuk membudidayakan buah berry ini.

Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan


Blueberry bisa diolah dalam banyak cara seperti pengalengan, pengeringan, pembekuan dan membuat selai serta pengawet. Berry merupakan tanaman berbunga tahunan dengan warna ungu-indigo mendalam. Berry tumbuh seperti semak-semak dengan berbagai ukuran, dari 10 cm sampai 4 meter. 

Buah berry ini dipercaya dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Karena di setiap 3/4 cangkir buah berry yang utuh dan segar, mengandung vitamin C sebesar 10.8 mg, serat 2.7 g dengan kandungan kalori yang cukup rendah.

Bukan hanya itu saja, penelitian juga membuktikan bahwa senyawa yang terdapat dalam buah blueberry juga mampu membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung hingga beberapa jenis kanker.

Manfaat blueberry lainya


Berikut ini adalah manfaat dan khasiat lainya dari blueberry.

Meningkatkan fungsi kognitif

Blueberry merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan Anthocyanin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, tembaga, magnesium serta fosfor fosfor dapat membantu mencegah kerusakan kognitif dan menyembuhkan gangguan neurotik.

Kombinasi nutrisi dapat mencegah kematian neuron serta melindungi kesehatan sistem saraf pusat. Blueberry sudah diamati untuk mengurangi efek dari penyakit Alzheimer. Studi menunjukkan bahwa blueberry dapat menyembuhkan sel-sel otak yang rusak serta perbaikan jaringan neuron yang meningkatkan daya ingat.

Infeksi saluran kemih

Ini memiliki senyawa yang terbentuk dari polimer seperti molekul yang mencegah pertumbuhan bakteri yang menumpuk lapisan dari dinding saluran kemih. Bakteri adalah penyebab utama infeksi seperti E.Coli. Blueberry juga memiliki sifat antibiotik yang melawan infeksi saluran kemih dan mempercepat proses penyembuhan.

Pencegah kangker

Kandungan flavonoid dan senyawa seperti pterostilbene pada blueberry mampu mencegah kerusakan hati dan kanker usus besar. Asam galat akan bekerja dengan pterostilbene untuk menghancurkan radikal bebas penyebab kanker. Tembaga dan vitamin C juga mencegah sel kanker agar tidak menyebar.

Rendah GI

Makanan yang memiliki indeks glisemik tinggi dapat menjadi penyebab banyak penyakit. Blueberry memiliki indeks glisemik rendah, yang bermanfaat dalam mengatur kadar gula darah. Hal ini meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terhadap penyakit seperti depresi, ginjal, sindrom metabolik dan diabetes.

Mengonsumsi rutin blueberry dapat juga membantu mencegah komplikasi jantung dan penyakit kronis lainnya. Serta kandungan Flavonoid sub senyawa seperti anthocyanin dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

Mencegah penuaan

Blueberry memiliki kandungan antioksidan anti-penuaan yang mampu mencegah kerusakan oksidatif sel-sel pada kulit dan tubuh secara keseluruhan. Penuaan menjadi terlihat ketika tubuh terkena radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari. Dengan rutin mengonsumsi blueberry yang kaya antioksidan membantu anda mencegah tanda-tanda penuaan. Blueberry dapat membantu mengurangi munculnya keriput, garis tawa dan flek hitam.

Melancarkan pencernaan

Dalam semangkuk buah blueberry di terdapat kandungan 4 gram serat atau sekitar 15% dari asupan harian yang tubuh anda perlukan. Kandungan serat larut yang terdapat dalam blueberry dapat menyerap sampai 15 kali bobotnya sendiri dalam air, sehingga hal tentu dapat meningkatkan cairan ke dalam usus serta melancarkan pencernaan.

Menyehatkan tulang

Blueberry memiliki kandungan senyawa mangan yang bagus untuk kesehatan tulang. Sehingga dengan rutin mengonsumsi buah blueberry anda akan dapat terhindar dari masalah tulang keropos di suatu saat nanti.

Mempertajam penglihatan

Kandungan senyawa anthocyanosides telah ditemukan pada buah blueberry, yang mana senyawa tersebut dipercaya dapat menghambat merosotnya penglihatan. Archives of Ophalmology melakukan dan menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah blueberry sebanyak 3 buah dalam sehari dapat membantu menghambat hingga 36 % turunnya penglihatan di usia lanjut.

Itu dia manfaat seta khasiat dari buah blueberry yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat membantu anda agar bisa memiliki tubuh yang sehat.


EmoticonEmoticon